Pages

Thursday, March 26, 2015

Manfaat dan Bahaya Makan Mie Instans Buat Ibu Hamil


Manfaat dan Bahaya Makan Mie Instan untuk Ibu Hamil

 

Manfaat nya ialah  :

Mie instan mengandung tepung yang kaya kalori, mineral, beragam jenis vitamin, lemak, kandungan protein rendah dan serat yang semuanya dibutuhkan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.

Bahaya nya Ialah :

·         kandungan garamnya terlalu tinggi, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah bagi ibu hamil, memicu keluhan kaki bengkak dan dampak buruk kesehatan lainnya.

·         MSG atau Mono Sodium Glutamat yang terkandung di dalam bumbu mie instan bisa mencetus reaksi hipersensitif pada sebagian ibu hamil, seperti lemas, muntah, nyeri kepala dan mual mengingat kandungan zat kimia di dalamnya bisa dampak buruk yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil.

·         Kandungan MSG atau vetsin bisa memicu beragam keluhan, seperti mual, ganguan tidur dan gangguan lambung, bila dikonsumsi melebihi 12 gram per harinya. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa mencetus beragam penyakit, seperti nyeri di seluruh tubuh atau fimbromyalgia, kanker, asma dan hipertensi.

·         Jika ibu hamil sering mengknsumsi mie instan, maka dampak buruk tersebut bisa sangat mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh karenanya menjauhi makanan mie instan ini sangat baik dilakukan ibu hamil.

Tips Penyajian Mie Instan yang benar untuk ibu Hamil :

Bila ibu hamil ingin sesekali menyantap mie instan,.

·         Sebaiknya mengurangi kandungan garam di dalam bumbu dengan menuangkan hanya setengah saja saat penyajian.

·         Bisa juga  dengan meracik bumbu mie sendiri memakai berbagai bahan alami. Sangat disarankan untuk menambahkan berbagai sayura dan makanan sehat untuk menambah asupan nutrisinya.

·         Sangat dianjurkan untuk memasak mie instan di dalam air dengan takaran dua kali lipat dari ketentuan penyajiannya. Jangan lupa untuk membuang air rebusan mie instan untuk membuang kandungan zat kimia di dalam mie kering tersebut. Kemudian masukkan kembali mie instan yang telah direbus ke dalam air yang sudah dipanaskan.

·         Cara tersebut dilakukan supaya rasa mie tidak menghilang dan rasa mie lebih nikmat dan sehat, apalagi dengan penambahan berbagai sayuran dan bahan makanan sehat lainnya. Harus diperhatikan untuk selalu menghindari konsumsi mie instan atau penyajian di dalam wadah plastik, karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

 

 

No comments:

Post a Comment

Bidan.info