Pages

Sunday, February 10, 2013

Mencegah Kanker Payudara

Berikut beberapa saran yang harus dilakukan untuk kaum wanita agar terhindar dari kanker panyudara,semoga informasi ini bisa bermanfaat
segera lakukan mencegah itu lebih baik dari mengobati :


1. Hindari memakai bra dengan busa tebal

Busa terbuat dari daur ulang dimana busa bra tidak beda dengan busa pencuci piring.

Pernahkan anda berpikir kenapa busa bra tidak gampang rusak?
Tips dan Cara Alami Mencegah Kanker Payudara dari Kebiasaan Hidup

Karena proses pembuatan busa tersebut melalui proses kimia yang sangat banyak maka busa bra tsb akan mengandung banyak bahan kimia. Dan, bayangkan busa tsb menempel pada payudara kita selama 24 jam.

Padahal payudara sendiri adalah organ hidup dan bernafas. Pada saat cuaca panas pori-pori akan terbuka dan payudara dapat menyerap zat kimia dari busa. Inilah yang menimbulkan resiko berkembangnya kanker.


2. Hindari memakai bra dengan kawat

Pemakaian bra dengan kawat seringkali menimbulkan bekas kawat di samping dada.
Hal tsb menunjukan adanya penekanan, yang dapat menyebabkan saluran limfe kita tertekan dan tersumbat.


3. Ketika melepas bra, pijatlah payudara disertai menarik nafas panjang. 

Hal itu dapat memperlancar aliran getah bening dan mencegah berkembangnya kanker pada payudara.


4. Saat tidur melepas bra atau minimal melepaskan kait bra.
Saat tidur adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan payudara dan memberi ruang untuk bernafas. Serta dapat memperlancar aliran darah.


5. Menjaga pola makan

Kurangi lemak
Penelitian terakhir mengenaii hubungan lemak dengan kanker menyatakan bahwa yang lebih penting adalah jenis lemaknya bukan jumlah lemak yang dikonsumsi.

Jenis lemak yang memicu kanker payudara adalah lemak jenuh dalam daging, mentega, makanan yang mengandung susu full-cream (whole-milk dairy foods) dan asam lemak dalam margarin.
Lemak jenuh dalam daging dan produk susu dan asam lemak dalam margarin meningkatkan kadar estrogen dalam darah, sedangkan lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan tidak menyebabkan kenaikan kadar estrogen dalam darah.


Sedangkan jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dan ikan air dingin lainnya.


Jangan memasak daging terlalu matang
Cara memasak daging akan mempengaruhi resiko kanker payudara. 

Daging-daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik (amino heterosiklik). Semakin lama dimasak, semakin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosiklik paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya (kulitnya) gosong dan hitam.


Makan lebih banyak buah dan sayuran
Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang resiko untuk semua kanker, termasuk kanker payudara.

Makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi, diantaranya vitamin A, C, E dan mineral selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran paling tidak 5 (lima) kali dalam sehari. Tapi harus dihindari buah dan sayuran yang mengandung banyak lemak, seperti kentang goreng atau pai dengan krim pisang.



Makan lebih banyak serat
Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah dan sayuran juga mengandung banyak serat. Makanan berserat akan mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan berkurang.


Makan makanan yang berasal dari kedelai
Makanan-makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen tumbuhan (fito-estrogen). Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini mirip dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara.

Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor, makanan berkedelai juga mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.

Makan lebih banyak kacang-kacangan
Selain dalam kedelai, fito-estrogen juga terdapat dalam jenis kacang-kacangan lainnya.




6. Berolah raga secara teratur

Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas, maka resiko kanker payudara akan berkurang. Berolah raga akan menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi resiko kanker payudara.



7. Hindari alkohol

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi alkohol, maka resiko kanker payudara semakin bertambah karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah.


8. Selalu kontrol berat badan


Kenaikan berat badan setiap pon setelah usia 18 tahun akan menambah resiko kanker payudara. Ini disebabkan karena sejalan dengan bertambahnya lemak tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon pemicu kanker payudara dalam darahpun akan meningkat.


9. Hindari xeno-estrogens


Xeno-estrogen maksudnya estrogen yang berasal dari luar tubuh.

Perempuan mengkonsumsi estrogen dari luar tubuh terutama yang berasal dari residu hormon estrogenik yang terdapat dalam daging dan residu pesitisida estrogenik. Diduga xeno-estrogen bisa meningkatkan kadar estrogen darah sehingga menambah resiko kanker payudara.

Cara terbaik untuk menghindari xeno-estrogen adalah dengan mengurangi konsumsi daging, unggas (ayam-itik) dan produk susu (whole-milk dairy product).

Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan banyak makan buah dan sayuran, karena efek anti-oksidan dan kandungan seratnya lebih banyak daripada efek residu pestisidanya.


10. Berjemur dibawah sinar matahari


Meningkatnya angka kejadian kanker kulit (Melanoma maligna) menjadikan kita takut akan sinar matahari. Tetapi sedikit sinar matahari dapat membantu mencegah kanker payudara, karena pada saat matahari mengenai kulit, tubuh membuat vitamin D. Vitamin D akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Agar bisa memperoleh sinar matahari selama 20 menit/hari, dianjurkan untuk berjalan dibawah sinar matahari pada siang hari atau sore hari. Tetapi bila anda ingin mendapatkan kalsium atau vitamin D tidak dari sinar matahari, anda dapat mencoba mengkonsumsi makanan suplemen.


11. Jangan merokok.

Merokok akan meningkatkan resiko kanker payudara.


12. Menyusui/memberikan ASI kepada anak anda


Untuk alasan yang masih belum jelas, menyusui berhubungan dengan berkurangnya resiko kanker payudara sebelum masa menopause.


13. Pertimbangkan kembali sebelum menggunakan terapi pengganti hormon (Hormone Replacement Therapy = HRT).


Ada beberapa alasan bagus untuk melakukan HRT sesudah masa menopause, yaitu mengurangi resiko penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit Alzheimer. Tetapi HRT akan menambah resiko kanker payudara. Bicarakan dengan dokter anda dan pertimbangkan resiko-resiko yang mungkin timbul, karena kebanyakan perempuan lebih tinggi resikonya untuk menderita penyakit jantung, daripada kanker payudara.


14. Hindari stress


Literatur medis menyebutkan bahwa stress dapat menigkatkan resiko kanker payudara. Belum jelas hasil penelitian ini namun, stress memang dapat memicu berbagai macam penyakit. Ada banyak cara untuk membuat hati damai dan terhindar dari stress.

Hal tersebut bisa kita dapat dengan cara mendekatkan diri dengan Tuhan, menambah nilai spiritual. Ataupun dengan cara seperti piknik, wisata kuliner, Yoga dll


15. Parfum


Hindari pemakaian parfum dengan menyemprotkannya langsung ke dada.


Memang ada beberapa yang bisa disebut mitos dan belum dibuktikan secara ilmiah seperti pemakaian bra, menyemprotkan parfum langsung ke kulit namun baiknya kita memilih yang terbijak bagi kita.
Jadi, mari kita peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita yang kita sayangi.




No comments:

Post a Comment

Bidan.info